PT Bakrie Building Industries (BBI) pada awalnya adalah usaha Joint Venture dengan perusahaan Australia yang terus mengembangkan usahanya seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan bahan bangunan di bidang industri, komersial dan perumahan.

 

Saat ini BBI telah menjadi salah satu pionir dari produsen bahan bangunan di Indonesia yang menghasilkan beragam produk bahan bangunan berkualitas tinggi seperti: atap semen fiber, plafon, partisi, dan juga produk pengganti kayu (wood substitution). Seluruh produk BBI telah mengantongi berbagai sertifikasi kualitas mutu dan keamanan seperti Standar Nasional Indonesia (SNI), ISO 9001:2008, ISO 14001:2004, OHSAS 18001:2007, serta diakuinya produk-produk BBI dalam direktori Green Listing Indonesia dan berhasil meraih penghargaan bergengsi Top Brand 2015-2017.

 

Berdiri di lahan seluas 15 hektar di daerah Daan Mogot, Jakarta Barat dengan total lebih dari 1000 karyawan dan jaringan lebih dari 80 distributor dan 12.000 retailer nasional. Didorong pengalaman lebih dari 30 tahun, BBI mendapatkan reputasi sebagai perusahaan yang terpercaya dan kredibel, sukses meraih kepuasan mitra usaha lokal dan internasional.

 

BBI akan terus memberikan yang terbaik dan membangun masa depan yang lebih baik untuk dunia dengan bergerak menuju sebuah arah baru yakni menjadi solution company yang terdepan dalam inovasi untuk efisiensi energi serta perlindungan lingkungan dengan melibatkan pengembangan inovasi produk baru yang berlandaskan teknologi ramah lingkungan dengan 3 pilar yaitu Green Technology, Green Product dan Green Building.

Dari sejak awal berdirinya BBI telah mengalami banyak perubahan. Kebutuhan pasar yang terus meningkat, dan kemampuan perusahaan untuk berkompetisi dan memenuhi permintaan lewat produk-produk berkualitas yang inovatif turut berperan dalam perkembangan dan kemajuan perusahaan.

 

1973
PT James Hardie Indonesia yang menjadi cikal bakal BBI, didirikan. Berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan nama PT Harflex Asbes Semen.

 

1976
Sheet machine no. 1 mulai berproduksi dengan kapasitas produksi hingga 50.000 ton/ tahun. Perkembangan ini membuat perusahaan pindah ke lokasi yang lebih representatif di Jl. Daan Mogot KM. 17,3 Kalideres, Jakarta Barat.

 

1977
Perusahaan terus berkembang dengan mulai berproduksinya pipe machine dengan kapasitas mencapai 40.000 ton/ tahun.

 

1985
Pesatnya pertumbuhan perusahaan membuat Bakrie & Brothers mengakuisisi PT James Hardie Indonesia sebagai bagian dari PT Bakrie & Brothers, Tbk.

 

1986
Perusahaan menambah kapasitas produksi dengan beroperasinya sheet machine no. 2 yang berkapasitas produksi total hingga 90.000 ton/ tahun

 

1988
Perusahaan berubah nama menjadi PT Jaya Harflex Indonesia dengan jangkauan pasar yang makin luas di seluruh tanah air.

 

1990
Menjawab kebutuhan pasar akan layanan terintegrasi dalam pembangunan gedung bertingkat tinggi, tahun ini perusahaan memperluas bidang usaha dengan memproduksi Architectural Concrete Panel (Arcon).

 

1991
Perusahaan resmi berganti nama menjadi PT Bakrie Building Industries (BBI) sebagai bagian dari Bakrie & Brothers, Tbk.

 

1995
Pertumbuhan perusahaan makin signifikan dengan mulai berproduksinya sheet machine no. 3 sehingga total kapasitas produksi di tahun ini mencapai 140.000 ton/ tahun. Di tahun ini pula perusahaan berekspansi dengan mulai berkiprah dalam bisnis batu bata dan marmer.

 

1997
Inovasi dan komitmen perusahaan untuk memberikan layanan menyeluruh dibuktikan dengan terus menerus berekspansi dan melebarkan sayap bisnisnya. Tahun 1997 BBI mulai terjun ke produksi Prefab Panel System.

 

2000
Kualitas dan komitmen perusahaan untuk memberikan hanya yang terbaik diakui dengan keberhasilan perusahaan meraih ISO 9001-2000.

 

2005
Makin tingginya permintaan membuat perusahaan mengganti pipe machine menjadi sheet machine no. 4 dengan total produksi mencapai 200.000 ton/ tahun.

 

2007
Perusahaan mengeluarkan inovasi terbaru produk bahan bangunan dengan meluncurkan Versa Board (produk Fiber Semen Kalsium Silikat yang 100% bebas asbes).

 

2009
BBI makin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu perusahaan pembuat bahan bangunan terbesar di Indonesia dengan mulai terjun dalam bisnis metal roofing.

 

2010
Perusahaan kembali mendapatkan pengakuan atas keberhasilannya mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk-produknya dengan mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008.

 

2011

BBI makin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu produsen bahan bangunan terbesar di Indonesia dengan penambahan kapasitas produksi mencapai 320.000 ton/tahun.

 

2013
Berdirinya anak perusahaan BBI yang berperan dalam hal perdagangan dan ekspor – impor yaitu, PT Bangun Bantala Indonesia.

 

2015
- Penambahan kapasitas produksi total yang mencapai 350.000 ton/tahun.
- Harflex meraih Top Brand 2015 untuk kategori atap fiber semen terbaik di Indonesia.
- BBI mendapatkan Sertifikasi ISO 14001:2004 dan Sertifikasi OHSAS 18001:2007
- Versa Board dan Versa Wood resmi terdaftar dalam Green Listing Indonesia sebagai produk bahan bangunan ramah lingkungan.

 

2016

- Harflex kembali berhasil meraih Top Brand 2016 untuk kategori atap fiber semen terbaik di Indonesia selama dua tahun berturut-turut.

- Versa Wood meraih penghargaan Home Preferred Brand 2016 sebagai Best Wall System

 

2017

Harflex kembali berhasil meraih Top Brand 2017 untuk kategori atap fiber semen terbaik di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.


Sebagai perusahaan yang berlandaskan inovasi untuk terus tumbuh dan berkembang, BBI berkomitmen hanya memberikan yang terbaik bagi seluruh stakeholder.

 

Visi

Menjadi salah satu Solution Company regional yang terdepan di bidang bahan bangunan dan konstruksi, yang memimpin dalam hal inovasi serta semangat untuk efisiensi energi serta perlindungan lingkungan.

 

Misi

Menciptakan nilai tambah jangka panjang bagi semua stakeholder dengan menyediakan akses untuk berbagi peluang yang digerakkan oleh pertumbuhan ekonomi dan konsumen yang kuat.

 

Core Values

Profil Dewan Komisaris

Bobby Gafur S. Umar

Komisaris Utama

Pria yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama & Managing Director/ CEO Bakrie & Brothers, bergelar Sarjana Teknik Elektro serta Master of Business Administration (MBA) dari University of Arkansas, USA ini mengawali karir di kelompok usaha Bakrie sebagai Assistant Chairman Group Perseroan di tahun 1995. Kemudian dengan inovasi dan good leadership nya, beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama (2002-2008), serta Wakil Komisaris Utama (2008-2009) di kelompok Bakrie & Brothers.


R.A. Sri Dharmayanti

Komisaris

Sejak Juni 2008 beliau menjabat sebagain Komisaris BBI serta Direktur dan Sekretaris Bakrie & Brothers. Saat ini beliau juga menduduki posisi Vice President Legal, Human Resources and General Affairs di PT Bumi Resorces, Tbk. serta Komisaris PT Arutmin Indonesia dan PT Kaltim Prima Coal. Beliau meraih gelar Master of Law dari Univeritas Indonesia.


Profil Jajaran Manajemen

Yogi Pratomo Widhiarto

Chief Executive Officer (CEO)

Lulus sebagai Sarjana Teknik Elektro, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang Teknologi Informasi, Telekomunikasi & Industri Infrastruktur. Berkarir cukup lama di salah satu BUMN terbesar di Indonesia, karir beliau di grup usaha Bakrie dimulai dari PT Bakrie Indo Infrastructure pada tahun 2010 dan kemudian menjadi Chief Executive Off icer (CEO) di BBI sejak tahun 2012.


Jisman Hutasoit

Chief of Technology & Operation Officer

Lulusan dari Teknik Industri Universitas Sumatera Utara , memulai karirnya di BBI pada 1991. Dengan pengalaman mengikuti berbagai pelatihan di bidang manajemen seperti TOM, Six Sigma dan lainnya. Sekarang beliau menjabat sebagai Chief of Technology & Operation Off icer sejak tahun 2005 setelah sebelumnya menempati posisi sebagai Production Manager.


Erti Sri Santi

Vice President Finance

Berpengalaman lebih dari 18 tahun dibidang akunting dan keuangan di berbagai perusahaan multinasional di Indonesia. Beliau memulai karir di grup Bakrie pada tahun 2008 di Bakrie Metal Industries. Menyandang gelar MBA dari IPMI International Business School, beliau kini dipercaya untuk menjabat sebagai Vice President Finance BBI.


Yayan Primayanto Apandi

General Manager Commercial

Lulusan Sarjana Teknik Industri dari Universitas Trisakti, memulai karirnya di BBI tahun 1994 sebagai Engineer dan IMPAC Coordinator. Pernah menjadi Counterpart untuk Booz Allen & Hamilton serta mengikuti berbagai pelatihan di bidang manajemen. Sepanjang karirnya di BBI beliau telah menempati berbagai posisi di Departemen Commercial, kemudian pada tahun 2011 beliau naik jenjang sebagai General Manager Commercial.


Cipto Firmansyah

General Manager Business Development

Memiliki gelar Sarjana Teknik Kimia dan Magister Manajemen Keuangan dari Universitas Indonesia, beliau mengawali karir di BBI pada tahun 2003 dan naik jenjang sebagai Senior Manager Business Development pada tahun 2010. Saat ini, beliau menjabat sebagai General Manager Business Deveopment. Dalam kurun waktu karirnya, beliau telah mengikuti berbagai pelatihan di bidang manajemen bisnis dan leadership.


Edwin Daniel

Senior Human Capital and General Affair Manager

Setelah lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, beliau bergabung di BBI pada tahun 2002 sebagai Personnel Admin Supervisor dengan pengalaman telah mengikuti berbagai pelatihan seperti ketenagakerjaan, manajemen pelatihan, compensation & benefit. Pada 2012 beliau menduduki posisi sebagai Human Capital and General Affair Manager.


Erlangga Arfan

Senior IT & Supply Chain Manager

Beliau memulai karir dibidang IT & Supply Chain ditahun 1999 dan telah memiliki pengalaman di  banyak perusahaan blue-chip di Indonesia. Lulusan Teknik Mesin, Universitas Indonesia, dan Master of Science in Supply  Chain Management, Chalmers Tekniska Högskola (Swedia) ini memulai karir di BBI pada 2014.


Sumber Daya Manusia

BBI berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia demi pencapaian tujuan perusahaan melalui program yang terstruktur berdasarkan kebutuhan dan sasaran bisnis perusahaan baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. 

BBI didukung oleh SDM yang ahli dibidangnya dan berkompetensi tinggi. Setiap karyawan memiliki integritas, profesionalitas dan motivasi diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengoptimalkan pengembangan diri dengan didukung berbagai program pelatihan komprehensif demi meningkatkan kompetensi, mekanisme karir yang terstruktur dan sistem kompensasi dengan benefit yang baik, sehingga sumber daya manusia di BBI dapat berperan optimal untuk kemajuan perusahaan. 

Dengan tekad mewujudkan lingkungan kerja yang kondusif bagi kinerja perusahaan, perusahaan mengembangkan dan menjalin komunikasi yang harmonis dan terbuka baik dengan karyawan, serikat pekerja, masyarakat sekitar maupun instansi pemerintahan dan pihak-pihak lainnya.Sehingga BBI semakin mantap dan kokoh menjadi salah satu yang terdepan dalam industri bahan bangunan di tanah air.

Kirim email anda di bawah ini untuk mendapatkan berita terbaru dan promosi dari kami